Selasa, 14 April 2015

ARTIKEL MEDIA PEMBELAJARAN

PEMANFAATAN PORTAL WEB INTERNET SEBAGAI SUMBER DAN MEDIA PEMBELAJARAN

Perkembangan teknologi bidang informasi, berdampak luas pada semua lini kehidupan termasuk pada dunia pendidikan, sehingga sarana teknologi ini mulai banyak digunakan untuk mempercepat perkembangan di sektor pendidikan.  perkembangan informasi dan teknologi, terutama dengan kemudahan akses internet. Saat ini akses internet dapat dilakukan kapan saja, dimana saja dan apa saja. Juga didukung oleh perangkat sudah begitu akrab dewasa ini seperti laptop, smartphone atau tablet.
Dengan kemudahan tersebut seorang guru dapat memanfatakan portal web dalam internet untuk mendukung aktifitas pembelajaran di sekolah baik sebagai media ataupun sumber belajar. Media atau sumber dengan menggunakan internet tentu dapat memberikan pengalaman yang integral, dari yang kongkret sampai pada yang abstrak, mebantu mengajar lebih efektif, serta dapat membangkitkan minat perhatian (motivasi) dll.
Portal web yang dapat digunakan oleh seorang guru dalam pembelajara melaui pemanfaatan 1. Mesin pencari, 2) Electronic Mail (email), 3). Layanan penyimpanan data,  4) Chating,  5) Sosial network 6). Web Video Sharing, dan 7) Web-blog. Selain itu, banyak sekali portal web yang dapat dimanfatakan dalam dunia pendidikan kita. Terdapat puluhan atau bahkan ratusan layanan portal web yang dapat dimanfatakan sebagai bahan dan sumber belajar di dalam kelas mauapun di luar kelas. 


A.    Pendahuluan
Dunia pada abad 21 ini akan terus dihadapkan pada kecanggihan teknologi. Pada dasarnya, teknologi merupakan penerapan hukum-hukum ilmu dalam penciptaan sarana kehidupan yang diciptakan manusia. Penerapan teknologi dalam kehidupan manusia sebagai teknis intrumental mengacu kepada kepentingan manusia, dan akhirnya tercipta kesejahteraan bagi manusia dengan teknologi. Cepatnya perkembangan ilmu dan teknologi mendorong semakin berkembangnya gagasan hidup manusia yang sempruna. Akhirnya, percepatan penemuan dan terapannya memacu perubahan-perubahan dalam kehidupan sosial.
Perkembangan teknologi bidang informasi, berdampak luas pada semua lini kehidupan, termasuk pada dunia pendidikan. Dengan adanya penemuan –penemuan teknologi baru dalam bidang informasi sangat menopang dalam memajukan kualitas kehidupan. Dalam rangka reformasi pendidikan, sarana teknologi ini mulai banyak digunakan untuk mempercepat perkembangan di sektor pendidikan.
Kekayaan akan informasi yang sekarang tersedia di internet telah melampaui harapan, bahkan imajinasi dari penemunya sendiri. Dengan memanfaatkan internet siapapun dapat secara cepat mengakses sumber-sumber informasi. Selain itu komunikasi baik secara pribadi maupun massal pun dapat dilakukan di mana dan kapan saja hanya dalam hitungan detik. Beragam informasi pun dapat disebarkan dan diakses dari mana saja di seluruh dunia.

B.     Peran Internet dalam Pembelajaran
Internet dalam pembelajaran di sekolah dapat dimanfatkan sebagai media atau sumber belajar, pemanfaatan ini mulai dirasakan sebagai kebutuhan vital bagi dunia pendidikan. Dewasa ini, dengan berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi bidang informasi yang semakin pesat dan ditunjang dengan kemudahan perangkat yang dapat mengakses internet seperti laptop, smartphone dan tablet yang semakin umum dimiliki oleh masyarakat menjadikan daya dukung terhadap pentingnya pemanfaatan internet secara positif dalam pendidikan, Pemanfatan internet mulai sebagai media dan sumber belajar sudah sangat perlu digunakan dalam dunia pendidikan. Dunia pendidikan yang bergerak pada tataran ilmu pengetahuan sebagai upaya mencerdasarkan bangsa, maka pemanfaatan internet menjadi sangat dibutuhkan.
Bahkan, dengan canggihnya ilmu pengetahuan dan teknologi seperti sekarang yang ditandai oleh penggunaan mesin yang dapat menggantikan manusia; pemanfaatan internet telah merupakan tuntutan bagi dunia pendidikan. Sekolah sebagai pusat pendidikan dapat maju dan berkembang, manakala didukung oleh teknologi internet.
Beragam manfaat internet di Sekolah, terutama bagi para guru sebagai ujung tombak dunia pendidikan, peran internet dapat dimanfaatkan sebagai pengembangan profesi, misalnya untuk mencari sumber bahan mengajar, baik rencana belajar mengajar maupun metodologi baru.  Terlebih guru bahasa dan pelajaran ilmu sosial dapat mengakses artikel atau berita terkini yang bisa digunakan sebagai bahan mengajar di kelas untuk memperkaya pengetahuan para murid, selain agar pelajaran tidak terlalu membosankan dengan hanya terpaku pada buku diktat yang digunakan.
Dengan tugas utamanya sebagai pembimbing, pengajar dan pelatih di hadapan peserta didik, maka wawasan guru yang sesuai dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi terkini dapat direalisasikan, manakala guru secara dini memperoleh informasi terbaru dari berbagai sumber dan internet sangat membantu dalam hal ini. Dengan internet dapat dicari sumber bahan mengajar yang beragam.
Media mengajar dengan menggunakan internet dapat memberikan pengalaman yang integral, dari yang kongkret sampai pada yang abstrak. Internet dapat dijadikan sebagai alat pembantu dalam mengajar agar efektif, dalam garis besarnya memiliki faedah atau nilai sebagai berikut: menambah kegiatan belajar murid; menghemat waktu belajar (ekonomis); menyebabkan agar hasil belajar lebih permanen atau mantap; membantu anak-anak yang ketinggalan dalam pelajaran; memberikan alasan yang wajar untuk belajar karena membangkitkan minat perhatian (motivasi) dan aktivitas pada murid; serta memberikan pemahaman yang tepat dan jelas serta luas.
Internet sebagai media pelajaran, fungsinya secara luas dapat merangsang kegiatan (aktivitas) dalam berbagai jenis dan meningkatkan kemampuan serta penempatan diri secara serasi dalam meninjau dan mengamati dengan tepat (kejadian menurut rencana, mengenal detail); meningkatkan minat membaca (terutama membaca permulaan dan membaca lanjutan dengan dukungan gambar); mempermudah berbicara dan berdiskusi (motivasi, masalah yang penting dalam gambar/teks).
Selain untuk meningkatkan pengetahuan, dengan internet, guru juga dapat berbagi ilmu dan pengalaman dengan rekan sejawat. Internet pun memungkinkan untuk meluaskan pergaulan, misalnya dengan menjalin komunikasi dan kerjasama dengan guru-guru dari dalam maupun luar negeri dengan berpartisipasi melalui forum (mailing list) dengan rekan sejawat.
Bagi siswa, internet menawarkan kesempatan untuk belajar sendiri secara interaktif, baik untuk meningkatkan pengetahuan maupun untuk mengembangkan kemampuan di bidang penelitian. Internet pun dapat menjadi media untuk berkomunikasi dengan sesama siswa dengan minat yang sama, selain membantu meningkatkan kepekaan dan membuka wawasan seputar permasalahan yang ada di seluruh dunia.
Sedangkan bagi petugas administrasi sekolah, internet dapat memudahkan pengoleksian data-data yang ada, baik untuk sekedar disimpan sebagai arsip maupun yang untuk dikirim ke perorangan maupun ke masyarakat luas.

C.    Portal web internet sebagai media atau sumber belajar
Portal web merupakan sebuah situs web yang menyediakan kemampuan tertentu atau layanan tertentu yang dibuat sedemikian rupa sehingga mencoba menuruti selera para pengunjungnya. Selain itu portal web dapat menyedikan informasi dan kebutuhan  yang dapat diakses oleh beragam perangkat yang memiliki akses jaringan internet.
Berikut ini beberapa laman atau portal web yang dapat dimanfatakan bagi seorang guru dalam menyiapan media dan sumber belajar dalam pelaksanaan pembelajaran di dalam maupun diluar kelas

1.      Mesin Pencari
Mesin pencari (Search Engine) adalah program komputer yang dirancang untuk membantu seseorang menemukan file-file yang disimpan dalam komputer, misalnya dalam sebuah server umum di web (WWW) atau dalam komputer sendiri. Banyak sekali mesin pencari yang dapat digunakan oleh seseorang dalam hal ini guru dintaranta. Google.com, yahoo.com, search.msn.com dan lainya.
Salah satu mesin pencari itu adalah  Google Search (atau Google Web Search) adalah mesin pencari web yang dimiliki Google Inc. Google Search adalah mesin pencari yang paling banyak digunakan di dunia maya.
Sebagai seorang guru dapat mencari kebutuhan sumber maupun media pembelajaran dengan menggunakan mesin pencari ini.  Seorang guru dapat menuliskan kata kunci yang dicari pada laman google.com tersebut, maka hasil pencarian dalam wkatu relatif sangat cepat akan tertampilan sesuai dengan kata kunci yang dicari.

2.      E-mail (Elektronic Mail)
E-mail merupakan singkatan dari Elektronic Mail yang berarti surat menyurat dalam Internet. E-mail banyak digunakan karena alasan mudah dikirim dan cepat sampai tujuan. E-mail tidak memerlukan kertas atau perangko, melainkan cukup mengetik melalui keyboard dan dalam hitungan detik setelah dikirim, surat akan sampai tujuan meskipun jarak penerima mencapai ribuan kilometer, tanpa batasan ruang dan waktu.
E-mail merupakan salah satu fasilitas dari Internet yang paling sering digunakan dan paling populer. Setidaknya setiap orang yang mengakses Internet, mereka pasti tidak lupa memeriksa kotak masuk (inbox) dalam e-mailnya, karena hanya inilah sarana pengiriman surat yang paling murah di dunia.
Sebagai seorang guru dapat memanfaatkan e-mail ini untuk kepentingan interaksi pembelajaran antar guru, siswa ataupun hal-hal lainnya. Email dapat dimanfaatkan juga metode pembelajaran dalam hal menyampaikan tugas yang dilakukan oleh siswa kepada guru, atau memyampaikan laporan penilaian yang dilakukan oleh guru kepada siswa dan atau orang tua.
Terdapat beberapa web yang menyediakan fasilitas pembuatan email gratis diatranya adalah yahoo.com, gmail.com, outlook.com, mail.com. namun layanan penyedia email populer yang digunakan adalah yahoo.com atau gmail.com

3.      Layanan Penyimpanan Data
Layanan penyimpanan data  yang memberi akses untuk menyimpan file gambar, dokumen, musik, video, dan file lainnya. Dan setiap file yang terkoneksi akan otomatis terhubung dengan komputer, ponsel, atau perangkat lainnya yang sama – sama memakai aplikasi ini.  Dengan menyimpan data di sistem Cloud, sesorang dapat mengambil data dari manapun secara lebih aman. Selain itu, Cloud sudah dibentengi dengan sistem dan hardware cadangan sehingga lebih tahan terhadap kegagalan sistem. File yang dibuat sebelumnya tanpa harus membawanya lewat flashdisk. Sehingga setiap file yang tersimpan dalam layanan data ini, otomatis file tersebut tersebar ke komputer/gadget kita yang memakai layanan ini juga dimanapun  juga. Ada beberapa layanan penyedia penyimpanan data yang dapat dimanfaatkan baik yang gratis maupun berbayar diantaranya  box.com, cx.com, sugarsync.com, skydrive.com, drive.google.com, dropbox.com dan lainnya.
Sebagai seorang guru dapat memanfatkan layanan penyimpanan data ini untuk mendukung layanan pembelajaran di dalam kelas maupun diluar kelas.  Di dalam kelas guru dapat  melakukan pelajaran sesuai dengan rancangan. Pada saat mengumpulkan tugas, peserta didik harus mengumpulkan dalam bentuk soft file dan di upload dalam layanan penyimpanan data yang sudah disediakan. Semua materi juga bisa dimasukkan ke dalam lanan ini sehingga siswa atau guru lainnya yang berkepentingan bisa mengambil dan mempelajari kapan saja dan banyak sekali manfaat yang dapat guru manfaatkan dalam penggunaan layanan ini. Langkah awal yang bisa digunakan guru dalam menggunakan layanan penyediaan data berbasis cloud ini bagi guru bisa memanfaatkan layanan dropbox atau google drive. dropbox menawarkan layanan gratis hingga kapasitas 2 GB sedangkan google.drive menawarkan layanan penyimpanan hingga 15 GB dan penggunaan yang mudah.

4.      Chatting
Chatting adalah sebuah pembicaraan melalui tulisan,yg terjadi secara tidak langsung,dengan menggunakan koneksi internet,yang mana pesan itu dikirim sangat cepat,tanpa harus menunggu terlebih dahulu. Chatting dapat dilakukan dengan berbagai aplikasi komputer,contohnyanya adalah MIRC,dan Yahoo Messenger(YM)!, Camfrog.  Chatting juga dapat dilakukan dengan menggunakan situs jejaring sosial seperti facebook, Chatting juga dapat dilakukan lewat HP dengan aplikasi penyedianya seperti BBM, WhatsApps, Line, Kakao Talks dan lainya.
Bagi seorang guru dapat memanfaatkan fasilitas ini dalam pelaksanaan pembelajaran chating dapat dilakukan ketika kita memberikan pendampingan atau layanan pembelajaran. Selain itu juga dapat memanfaatkan obrolan bersama (chatting grup) ini dalam sebuah grup pembelajaran.

5.      Social Network
Social Networking adalah kegiatan menjalin hubungan dengan orang lain melalui social media sites/situs jejaring sosial yang ada di internet. Bisa diakses di mana saja, kapan saja dan oleh siapa saja. Status update yang dilakukan dapat memiliki potensi yang baik maupun buruk  dengan dampak yang sangat luas. Dalam jejaring sossal ini kita bisa berbagi, berdiskusi  atau bisa juga berdebat. Banyak topik yang dapat kita ungkap dalam hal ini hal ini karena pengguna jejaring ini menembus batas usia maupaun profesi, hampir semua orang menggunakan jejaring sosial dalam mengungkapan sesuatu.  Ada beberapa web penyedia jejaring sosial ini diantaranya facebook, twitter, edmodo, siapku.com dan lainnya.
Pemanfataan jejaring sosial ini dalam pembelajaran masih dirasa sangat kurang. Padahal potensi yang bisa dilakukan oleh guru sangat luar biasa sekali. Kemudahan akses dan fasilitas yang ada bisa dimanfaatkan dalam upaya mendukung tercapainya tujuan pembelajaran dengan siswa atau sebagai bahan pengembangan diri guru untuk mencari materi/konten sesuai dengan yang dibutuhkan. Guru juga dapat memanfatakan dengan pembuatan kelas maya dengan topik pembelajaran yang disesuaikan dengan peserta (member)

6.      Web Video Sharing
Layanan video sharing adalah situs yang menyediakan layanan berbagi video, dimana layanan ini memungkinkan seseorang untuk mengunggah klip video ke sebuah portal web situs. klip video tersebut kemudian akan tersimpan pada server dan memberikan jenis kode yang berbeda-beda pada setiap klip yang terunggah, kemudian memungkinkan untuk mengizinkan orang lain melihat video. Banyak sekali jenis layanan situs video sharing yang berkembang saat ini diantaranya adalah video.google.com, yufid.tv, blip.tv, godtube.com, youtube.com dan lainnya. Saat ini yang paling populer adalah layanan video sharing dari youtube. Banyak sekali orang yang menggunakan jasa pemanfaatannya.
Dalam proses pembelajaran di dalam kelas guru dapat memanfaatkan fasilitas video ini dalam pembelajaran di kelas. Terutama terkait dengan sumber belajar yang sulit ditemui di lingkungan sekitar sekolah, guru dapat menggunakan video dari youtube. Selanjutnya pelaksanaan pembelajaran akan terasa nyata teralami oleh siswa secara langsung meskipun objeknya sangat jauh. Selain itu banyak sekali mafaat yang dapat dilakukan guru dari youtube ini, guru juga dapat berbagi pengalaman positif dengan masyarakat atau komunitasnya dalam bentuk video.

7.      Web-Blog
Web-Blog adalah situs web yang berisi tulisan, artikel atau informasi bermanfaat yang diupdate (diperbaharui) secara teratur dan dapat diakses secara online baik untuk umum maupun pribadi. Blog pada dasarnya sama dengan situs-situs atau web yang  ada di internet, namun materi dan konten merupakan kebebasan penuh dari pemilik atau pembuat blog. Blog dapat dimiliki oleh pribadi maupun komunitas atau perusahaan.  Beberapa layanan portal web yang menyediakan layanan pembuatan blog secara gratis. Seperti www.blogger.com, wordpress.com, www.weebly.com, livejournal.com dll.
Pemanfaatan dalam pembelajaran web-blog dapat digunakan sebagai bahan pembelajaran berupa informasi yang perlu disampiakan kepada siswa. Tidak hanya bahan pembelajaran berupa informasi saja yang dapat disampaikan dapat juga berupa software berguna, seperti foto, film/video, dokumen, sesuai degan jenis / topik yang diangkat.  Disamping itu juga dengan memiliki Blog, guru dapat melatih kemampuan dalam menyampaikan suatu informasi kepada orang lain dengan tanpa bermaksud menggurui tentang apa yang kita ketahui kepada pembaca.  Dengan memiliki Blog, guru dapat memperoleh banyak ide yang didapat dari berbagai sumber yang memberikan komentar atas tulisan yang  diterbitkan di Blog yang dibuat dan akan menjadi pacuan semangat dalam menggali pola pikir yang kreatif dan positif tentang apa yang dapat dilakukan dan bermanfaat bagi diri sendiri maupun bagi orang lain.

Selain yang telah dibahas diatas, banyak sekali portal web yang dapat dimanfatakan dalam dunia pendidikan kita. Terdapat puluhan atau bahkan ratusan layanan portal web yang dapat kita manfatakan sebagai bahan dan sumber belajar di dalam kelas mauapun di luar kelas.  Dengan berkembangnya teknologi internet dewasa ini menjadikan kita dapat belajar apa saja, kapan saja dan dimana saja tidak terbatas dengan ruang dan waktu. Segala sesuatu yang kita butuhkan terkait informasi bahan dan sumber pembelajaran dalam internet dapat menemukannya, namun sebelum pemanfatannya tentu perlu ada penilaian kelayakan terhadap materi yang akan dimanfaatkan baik untuk diri sendiri maupun sebagai bahan atau sumber belajar yang akan dijakan bahan pembelajaran kepada orang lain.





DAFTAR PUSTAKA

............................... (2014) Wikipwdia: Ensikklopedia Bebas,


Tidak ada komentar: