PEMANFAATAN
PORTAL WEB INTERNET SEBAGAI SUMBER DAN MEDIA PEMBELAJARAN
Perkembangan
teknologi bidang informasi, berdampak luas pada semua lini kehidupan termasuk
pada dunia pendidikan, sehingga sarana teknologi ini mulai banyak digunakan
untuk mempercepat perkembangan di sektor pendidikan. perkembangan informasi dan teknologi,
terutama dengan kemudahan akses internet. Saat ini akses internet dapat
dilakukan kapan saja, dimana saja dan apa saja. Juga didukung oleh perangkat
sudah begitu akrab dewasa ini seperti laptop, smartphone atau tablet.
Portal web yang
dapat digunakan oleh seorang guru dalam pembelajara melaui pemanfaatan 1. Mesin
pencari, 2) Electronic Mail (email), 3). Layanan penyimpanan data, 4) Chating, 5) Sosial network 6). Web Video Sharing, dan
7) Web-blog. Selain itu, banyak sekali portal web yang dapat dimanfatakan dalam
dunia pendidikan kita. Terdapat puluhan atau bahkan ratusan layanan portal web
yang dapat dimanfatakan sebagai bahan dan sumber belajar di dalam kelas mauapun
di luar kelas.
A.
Pendahuluan
Dunia
pada abad 21 ini akan terus dihadapkan pada kecanggihan teknologi. Pada
dasarnya, teknologi merupakan penerapan hukum-hukum ilmu dalam penciptaan
sarana kehidupan yang diciptakan manusia. Penerapan teknologi dalam kehidupan
manusia sebagai teknis intrumental mengacu kepada kepentingan manusia, dan
akhirnya tercipta kesejahteraan bagi manusia dengan teknologi. Cepatnya
perkembangan ilmu dan teknologi mendorong semakin berkembangnya gagasan hidup
manusia yang sempruna. Akhirnya, percepatan penemuan dan terapannya memacu
perubahan-perubahan dalam kehidupan sosial.
Perkembangan
teknologi bidang informasi, berdampak luas pada semua lini kehidupan, termasuk
pada dunia pendidikan. Dengan adanya penemuan –penemuan teknologi baru dalam
bidang informasi sangat menopang dalam memajukan kualitas kehidupan. Dalam
rangka reformasi pendidikan, sarana teknologi ini mulai banyak digunakan untuk
mempercepat perkembangan di sektor pendidikan.
Kekayaan
akan informasi yang sekarang tersedia di internet telah melampaui harapan, bahkan
imajinasi dari penemunya sendiri. Dengan memanfaatkan internet siapapun dapat
secara cepat mengakses sumber-sumber informasi. Selain itu komunikasi baik
secara pribadi maupun massal pun dapat dilakukan di mana dan kapan saja hanya
dalam hitungan detik. Beragam informasi pun dapat disebarkan dan diakses dari
mana saja di seluruh dunia.
B.
Peran Internet dalam Pembelajaran
Internet
dalam pembelajaran di sekolah dapat dimanfatkan sebagai media atau sumber
belajar, pemanfaatan ini mulai dirasakan sebagai kebutuhan vital bagi dunia
pendidikan. Dewasa ini, dengan berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi
bidang informasi yang semakin pesat dan ditunjang dengan kemudahan perangkat yang
dapat mengakses internet seperti laptop, smartphone dan tablet yang semakin umum
dimiliki oleh masyarakat menjadikan daya dukung terhadap pentingnya pemanfaatan
internet secara positif dalam pendidikan, Pemanfatan internet mulai sebagai
media dan sumber belajar sudah sangat perlu digunakan dalam dunia pendidikan.
Dunia pendidikan yang bergerak pada tataran ilmu pengetahuan sebagai upaya
mencerdasarkan bangsa, maka pemanfaatan internet menjadi sangat dibutuhkan.
Bahkan,
dengan canggihnya ilmu pengetahuan dan teknologi seperti sekarang yang ditandai
oleh penggunaan mesin yang dapat menggantikan manusia; pemanfaatan internet
telah merupakan tuntutan bagi dunia pendidikan. Sekolah sebagai pusat
pendidikan dapat maju dan berkembang, manakala didukung oleh teknologi
internet.
Beragam
manfaat internet di Sekolah, terutama bagi para guru sebagai ujung tombak dunia
pendidikan, peran internet dapat dimanfaatkan sebagai pengembangan profesi,
misalnya untuk mencari sumber bahan mengajar, baik rencana belajar mengajar
maupun metodologi baru. Terlebih guru
bahasa dan pelajaran ilmu sosial dapat mengakses artikel atau berita terkini
yang bisa digunakan sebagai bahan mengajar di kelas untuk memperkaya
pengetahuan para murid, selain agar pelajaran tidak terlalu membosankan dengan
hanya terpaku pada buku diktat yang digunakan.
Dengan
tugas utamanya sebagai pembimbing, pengajar dan pelatih di hadapan peserta
didik, maka wawasan guru yang sesuai dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan
teknologi terkini dapat direalisasikan, manakala guru secara dini memperoleh
informasi terbaru dari berbagai sumber dan internet sangat membantu dalam hal
ini. Dengan internet dapat dicari sumber bahan mengajar yang beragam.
Media
mengajar dengan menggunakan internet dapat memberikan pengalaman yang integral,
dari yang kongkret sampai pada yang abstrak. Internet dapat dijadikan sebagai
alat pembantu dalam mengajar agar efektif, dalam garis besarnya memiliki faedah
atau nilai sebagai berikut: menambah kegiatan belajar murid; menghemat waktu
belajar (ekonomis); menyebabkan agar hasil belajar lebih permanen atau mantap;
membantu anak-anak yang ketinggalan dalam pelajaran; memberikan alasan yang
wajar untuk belajar karena membangkitkan minat perhatian (motivasi) dan
aktivitas pada murid; serta memberikan pemahaman yang tepat dan jelas serta
luas.
Internet
sebagai media pelajaran, fungsinya secara luas dapat merangsang kegiatan
(aktivitas) dalam berbagai jenis dan meningkatkan kemampuan serta penempatan
diri secara serasi dalam meninjau dan mengamati dengan tepat (kejadian menurut
rencana, mengenal detail); meningkatkan minat membaca (terutama membaca
permulaan dan membaca lanjutan dengan dukungan gambar); mempermudah berbicara
dan berdiskusi (motivasi, masalah yang penting dalam gambar/teks).
Selain
untuk meningkatkan pengetahuan, dengan internet, guru juga dapat berbagi ilmu
dan pengalaman dengan rekan sejawat. Internet pun memungkinkan untuk meluaskan
pergaulan, misalnya dengan menjalin komunikasi dan kerjasama dengan guru-guru
dari dalam maupun luar negeri dengan berpartisipasi melalui forum (mailing
list) dengan rekan sejawat.
Bagi
siswa, internet menawarkan kesempatan untuk belajar sendiri secara interaktif,
baik untuk meningkatkan pengetahuan maupun untuk mengembangkan kemampuan di
bidang penelitian. Internet pun dapat menjadi media untuk berkomunikasi dengan
sesama siswa dengan minat yang sama, selain membantu meningkatkan kepekaan dan
membuka wawasan seputar permasalahan yang ada di seluruh dunia.
Sedangkan
bagi petugas administrasi sekolah, internet dapat memudahkan pengoleksian
data-data yang ada, baik untuk sekedar disimpan sebagai arsip maupun yang untuk
dikirim ke perorangan maupun ke masyarakat luas.
C.
Portal web internet sebagai media atau sumber belajar
Portal
web merupakan sebuah situs web yang menyediakan kemampuan tertentu atau layanan
tertentu yang dibuat sedemikian rupa sehingga mencoba menuruti selera para
pengunjungnya. Selain itu portal web dapat menyedikan informasi dan kebutuhan yang dapat diakses oleh beragam perangkat
yang memiliki akses jaringan internet.
Berikut
ini beberapa laman atau portal web yang dapat dimanfatakan bagi seorang guru
dalam menyiapan media dan sumber belajar dalam pelaksanaan pembelajaran di
dalam maupun diluar kelas
1.
Mesin Pencari
Mesin pencari (Search Engine) adalah program komputer yang
dirancang untuk membantu seseorang menemukan file-file yang disimpan dalam
komputer, misalnya dalam sebuah server umum di web (WWW) atau dalam komputer
sendiri. Banyak sekali mesin pencari yang dapat digunakan oleh seseorang dalam
hal ini guru dintaranta. Google.com, yahoo.com, search.msn.com dan lainya.
Salah satu mesin pencari itu adalah
Google Search (atau Google Web Search) adalah mesin pencari web yang
dimiliki Google Inc. Google Search adalah mesin pencari yang paling banyak
digunakan di dunia maya.
Sebagai seorang guru dapat mencari
kebutuhan sumber maupun media pembelajaran dengan menggunakan mesin pencari
ini. Seorang guru dapat menuliskan kata
kunci yang dicari pada laman google.com tersebut, maka hasil pencarian dalam
wkatu relatif sangat cepat akan tertampilan sesuai dengan kata kunci yang
dicari.
2.
E-mail (Elektronic Mail)
E-mail
merupakan singkatan dari Elektronic Mail yang berarti surat menyurat dalam
Internet. E-mail banyak digunakan karena alasan mudah dikirim dan cepat sampai
tujuan. E-mail tidak memerlukan kertas atau perangko, melainkan cukup mengetik
melalui keyboard dan dalam hitungan detik setelah dikirim, surat akan sampai
tujuan meskipun jarak penerima mencapai ribuan kilometer, tanpa batasan ruang
dan waktu.
E-mail
merupakan salah satu fasilitas dari Internet yang paling sering digunakan dan
paling populer. Setidaknya setiap orang yang mengakses Internet, mereka pasti
tidak lupa memeriksa kotak masuk (inbox) dalam e-mailnya, karena hanya inilah
sarana pengiriman surat yang paling murah di dunia.
Sebagai seorang
guru dapat memanfaatkan e-mail ini untuk kepentingan interaksi pembelajaran
antar guru, siswa ataupun hal-hal lainnya. Email dapat dimanfaatkan juga metode
pembelajaran dalam hal menyampaikan tugas yang dilakukan oleh siswa kepada
guru, atau memyampaikan laporan penilaian yang dilakukan oleh guru kepada siswa
dan atau orang tua.
Terdapat
beberapa web yang menyediakan fasilitas pembuatan email gratis diatranya adalah
yahoo.com, gmail.com, outlook.com, mail.com. namun layanan penyedia email
populer yang digunakan adalah yahoo.com atau gmail.com
3.
Layanan Penyimpanan Data
Layanan penyimpanan data
yang memberi akses untuk menyimpan file gambar, dokumen, musik, video,
dan file lainnya. Dan setiap file yang terkoneksi akan otomatis terhubung
dengan komputer, ponsel, atau perangkat lainnya yang sama – sama memakai aplikasi
ini. Dengan menyimpan data di sistem
Cloud, sesorang dapat mengambil data dari manapun
secara lebih aman. Selain itu, Cloud sudah dibentengi dengan sistem dan hardware
cadangan sehingga lebih tahan terhadap kegagalan sistem. File yang dibuat
sebelumnya tanpa harus membawanya lewat flashdisk. Sehingga setiap file yang
tersimpan dalam layanan data ini, otomatis file tersebut tersebar ke
komputer/gadget kita yang memakai layanan ini juga dimanapun juga. Ada beberapa layanan penyedia
penyimpanan data yang dapat dimanfaatkan baik yang gratis maupun berbayar diantaranya box.com, cx.com, sugarsync.com, skydrive.com,
drive.google.com, dropbox.com dan lainnya.
Sebagai seorang guru dapat
memanfatkan layanan penyimpanan data ini untuk mendukung layanan pembelajaran
di dalam kelas maupun diluar kelas. Di dalam kelas guru dapat melakukan
pelajaran sesuai dengan rancangan. Pada saat mengumpulkan tugas, peserta didik harus
mengumpulkan dalam bentuk soft file dan di upload dalam layanan penyimpanan
data yang sudah disediakan. Semua materi juga bisa dimasukkan ke dalam lanan
ini sehingga siswa atau guru lainnya yang berkepentingan bisa mengambil dan
mempelajari kapan saja dan banyak sekali manfaat yang dapat guru manfaatkan dalam
penggunaan layanan ini. Langkah awal yang bisa digunakan guru dalam menggunakan
layanan penyediaan data berbasis cloud ini bagi guru bisa memanfaatkan layanan
dropbox atau google drive. dropbox menawarkan layanan gratis hingga kapasitas 2
GB sedangkan google.drive menawarkan layanan penyimpanan hingga 15 GB dan
penggunaan yang mudah.
4.
Chatting
Chatting adalah sebuah pembicaraan melalui tulisan,yg terjadi
secara tidak langsung,dengan menggunakan koneksi internet,yang mana pesan itu
dikirim sangat cepat,tanpa harus menunggu terlebih dahulu. Chatting dapat
dilakukan dengan berbagai aplikasi komputer,contohnyanya adalah MIRC,dan Yahoo
Messenger(YM)!, Camfrog. Chatting juga
dapat dilakukan dengan menggunakan situs jejaring sosial seperti facebook,
Chatting juga dapat dilakukan lewat HP dengan aplikasi penyedianya seperti BBM,
WhatsApps, Line, Kakao Talks dan lainya.
Bagi
seorang guru dapat memanfaatkan fasilitas ini dalam pelaksanaan pembelajaran
chating dapat dilakukan ketika kita memberikan pendampingan atau layanan
pembelajaran. Selain itu juga dapat memanfaatkan obrolan bersama (chatting
grup) ini dalam sebuah grup pembelajaran.
5.
Social Network
Social
Networking adalah kegiatan menjalin hubungan dengan orang lain melalui social
media sites/situs jejaring sosial yang ada di internet. Bisa diakses di mana
saja, kapan saja dan oleh siapa saja. Status update yang dilakukan dapat
memiliki potensi yang baik maupun buruk
dengan dampak yang sangat luas. Dalam jejaring sossal ini kita bisa
berbagi, berdiskusi atau bisa juga
berdebat. Banyak topik yang dapat kita ungkap dalam hal ini hal ini karena
pengguna jejaring ini menembus batas usia maupaun profesi, hampir semua orang
menggunakan jejaring sosial dalam mengungkapan sesuatu. Ada beberapa web penyedia jejaring sosial ini
diantaranya facebook, twitter, edmodo, siapku.com dan lainnya.
Pemanfataan
jejaring sosial ini dalam pembelajaran masih dirasa sangat kurang. Padahal
potensi yang bisa dilakukan oleh guru sangat luar biasa sekali. Kemudahan akses
dan fasilitas yang ada bisa dimanfaatkan dalam upaya mendukung tercapainya
tujuan pembelajaran dengan siswa atau sebagai bahan pengembangan diri guru
untuk mencari materi/konten sesuai dengan yang dibutuhkan. Guru juga dapat
memanfatakan dengan pembuatan kelas maya dengan topik pembelajaran yang
disesuaikan dengan peserta (member)
6.
Web Video Sharing
Layanan video sharing adalah situs yang menyediakan layanan berbagi
video, dimana layanan ini memungkinkan seseorang untuk mengunggah klip video ke
sebuah portal web situs. klip video tersebut kemudian akan tersimpan pada server
dan memberikan jenis kode yang berbeda-beda pada setiap klip yang terunggah,
kemudian memungkinkan untuk mengizinkan orang lain melihat video. Banyak sekali
jenis layanan situs video sharing yang berkembang saat ini diantaranya adalah
video.google.com, yufid.tv, blip.tv, godtube.com, youtube.com dan lainnya. Saat
ini yang paling populer adalah layanan video sharing dari youtube. Banyak
sekali orang yang menggunakan jasa pemanfaatannya.
Dalam
proses pembelajaran di dalam kelas guru dapat memanfaatkan fasilitas video ini
dalam pembelajaran di kelas. Terutama terkait dengan sumber belajar yang sulit
ditemui di lingkungan sekitar sekolah, guru dapat menggunakan video dari
youtube. Selanjutnya pelaksanaan pembelajaran akan terasa nyata teralami oleh
siswa secara langsung meskipun objeknya sangat jauh. Selain itu banyak sekali
mafaat yang dapat dilakukan guru dari youtube ini, guru juga dapat berbagi
pengalaman positif dengan masyarakat atau komunitasnya dalam bentuk video.
7.
Web-Blog
Web-Blog adalah situs web yang berisi tulisan, artikel atau
informasi bermanfaat yang diupdate (diperbaharui) secara teratur dan dapat
diakses secara online baik untuk umum maupun pribadi. Blog pada dasarnya sama
dengan situs-situs atau web yang ada di
internet, namun materi dan konten merupakan kebebasan penuh dari pemilik atau
pembuat blog. Blog dapat dimiliki oleh pribadi maupun komunitas atau
perusahaan. Beberapa layanan portal web
yang menyediakan layanan pembuatan blog secara gratis. Seperti www.blogger.com, wordpress.com, www.weebly.com, livejournal.com dll.
Pemanfaatan dalam pembelajaran web-blog dapat digunakan sebagai bahan
pembelajaran berupa informasi yang perlu disampiakan kepada siswa. Tidak hanya bahan pembelajaran berupa informasi saja yang dapat disampaikan dapat
juga berupa software berguna, seperti foto, film/video, dokumen, sesuai degan
jenis / topik yang diangkat. Disamping itu juga
dengan memiliki Blog, guru dapat melatih kemampuan dalam menyampaikan
suatu informasi kepada orang lain dengan tanpa bermaksud menggurui tentang apa
yang kita ketahui kepada pembaca. Dengan
memiliki Blog, guru dapat memperoleh banyak ide yang didapat dari berbagai
sumber yang memberikan komentar atas tulisan yang diterbitkan di Blog yang dibuat dan akan
menjadi pacuan semangat dalam menggali pola pikir yang kreatif dan positif
tentang apa yang dapat dilakukan dan bermanfaat bagi diri sendiri maupun bagi
orang lain.
Selain
yang telah dibahas diatas, banyak sekali portal web yang dapat dimanfatakan
dalam dunia pendidikan kita. Terdapat puluhan atau bahkan ratusan layanan
portal web yang dapat kita manfatakan sebagai bahan dan sumber belajar di dalam
kelas mauapun di luar kelas. Dengan
berkembangnya teknologi internet dewasa ini menjadikan kita dapat belajar apa
saja, kapan saja dan dimana saja tidak terbatas dengan ruang dan waktu. Segala
sesuatu yang kita butuhkan terkait informasi bahan dan sumber pembelajaran
dalam internet dapat menemukannya, namun sebelum pemanfatannya tentu perlu ada
penilaian kelayakan terhadap materi yang akan dimanfaatkan baik untuk diri
sendiri maupun sebagai bahan atau sumber belajar yang akan dijakan bahan
pembelajaran kepada orang lain.
DAFTAR
PUSTAKA
...............................
(2014) Wikipwdia: Ensikklopedia Bebas,
Tidak ada komentar:
Posting Komentar